Produsen Dendeng Cap Kepala Sapi Tanpa Papan Nama

MALANG — Mencari lokasi produsen dendeng/abon yang dicurigai dicampur daging babi, CV Dendeng Raung di Jalan Raung Nomor 5, Kota Malang ternyata cukup sulit. Meski lokasinya berada di dalam Kota Malang, tidak mudah untuk memastikannya, karena tanpa papan nama. Namun, jika bertanya pada warga di sekitarnya, tidak sulit.

Hampir semua tetangga di dekatnya tahu, bila rumah berukuran besar, dilengkapi dengan hutan kebun itu merupakan produsen dendeng sapi cap Kepala Sapi. Bahkan Linda yang warga Jalan Anjasmoro 5, searah dengan Jalan Raung mengetahui bila rumah nomor 5 di Jalang Raung itu memproduksi dendeng sapi. Begitu juga, Ny Susan yang berdomisili di Jalan Raung nomor 1.

Secara tegas, dia mengakui bila rumah nomor 5 itu memproduksi dendeng. Sayangnya, dia tidak mengetahui siapa pemilik perusahaan dendeng itu. ”Setahu saya orang Surabaya. Yang tinggal di rumah itu hanya pekerjjanya. Biasanya dua orang yang tinggal,” paparnya.

Namun, ketika rumah tersebut didekati tak ada satu pun penghuninya. Rumah besar yang memiliki luas lebih dari 1000 meter persegi itu pintunya tutup semua. Bahkan, dua pintu garasi yang berdempetan juga tutup. yang terlihat ari cela-cela pintu garasi itu di dalam rumah tersebut ada banyak gudang.

Di depan pintu gudang banyak sasak, tempat menjemur daging yang terbuat dari bambu bertumpukan. Selain itu, alat pengepres daging dan satu sepeda motor serta tumpukn kardus. Kendati demikian, dari luar tidak terlihat sama sekali jika rumah tersebut meruapakan produsen dendeng sapi yang distribusi pemasarannya sampai ke luar daerah, seperti Bandung.

Apalagi, pagar rumah tersebut terbuat dari bambu dan dipenuhi rerimbunan. Bahkan, pintu masuk rumah tersebut terkesan sengaja dibuat tak mudah dilihat. Sebab, di depan pintu gerbang ditanami bermacam-macam tanaman keras. Misalnya, mangga, nangka, jeruk daan ketela pohon. Praktis sulit untuk dikenali sebagai produsen dendeng sapi yang dicurigai dicampur daging celeng atau babi hutan tersebut. aji/kpo

sumber : http://www.republika.co.id/berita/41431/Produsen_Dendeng_Cap_Kepala_Sapi_Tanpa_Papan_Nama

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s