Asy-Syahid Mendagri Palestina 50 Tahun Berjuang Melindungi Rakyat Palestina

seyam_300_0
Gaza-Infopalestina : Menteri Dalam negeri Palestina pimpinan Ismael Haneya, Syaikh Said Shiam meninggal syahid bersama anak dan enam saudaranya digempur F16 Israel sore kemarin (15/1). Saat itu, ia sedang berada di rumah saudaranya di YarmukGazaCity. Sedikitnya tiga warga dan 30 lainya meninggal dalam peristiwa tersebut.

Setengah Abad Berjuang dan Berkorban

50 tahun ia berjuang dalam keta’ayan pada Allah. Hidupnya dipenuhi pengabdian dan pengorbanan, berjihad dan perlawanan serta mengayomi rakyat Palestina.

Syaikh Shiam lahir pada 22/7/1959 di kamp militer Shati Gaza, sebelah barat kotaGaza. Kabilahnya berasal dari marga Jaurah dekat Eskelon, wilayah Palestina jajahan 48. Ia alumni tahun 1980 dari Darul Mualimin Ramallah dan memperoleh ijazah Dipl Jurusan Matematika. Kemudian melanjutkan studinya di Universitas Al-Quds dan keluar pada tahun 2000 dengan memperoleh gelar Bachelorius jurusan pendidikan Islam.

Seorang Guru yang Sholeh

Asy-Syahid bekerja sebagai pengajar di sejumlah sekolah dan lembaga bantuan sosial internasional di Gaza dari tahun 1980 hingga tahun 2003. kemudian ia keluar dari lembaga itu, karena sejumlah desakan, akibat keterlibatanya dengan gerakan Hamas. Lalu menjadi imam dan khotib sukarela di masjid Yarmuk kotaGaza. Ia juga berperan sebagai penasehat dan khotib di sejumlah masjid di Jalur Gaza.

Syaikh Shiam bergabung dengan Komite Rekonsiliasi yang dibentuk Syaikh Sy-Syahid Ahmad Yasin untuk menjembatani pertentangan antara berbagai kelompok warga sejak intifadhah pertama yang dikenal dengan “Intifadhah Masjid”. Ia menikah pada tahun itu dan mempunyai enam orang putra.

Jabatan yang Diemban Ass-Syahid

Sepanjang hidupnya Asy-Syahid memanggku sejumlah jabatan penting. Diantaranya ketua Komite Guru di Gaza. Anggota Persatuan Pegawai Arab di perwakilan lembaga sosial Internasional. Pejabat menejerial hubungan luar negeri di Gerakan Perlawanan Hamas, anggota pimpinan politik Hamas di Gaza. Ia juga sebagai anggota Dewan Sekretariat Jenderal Universitas Isam di Gaza, Anggota Dewan Pendiri Center Research Future. Pada tahun 1980 Asy-Syahid sebagai anggota Persatuan Mahasiswa di Darul Maualimin di Ramallah. Pada tahun 2006 ia menjabat sebagai menteri dalam negeri dan urusan sipil pada pemerintahan Palestina ke 10.

Anggota Parlemen Palestina

Sy-Syahid terpilih menjadi anggota parlemen Palestina dari fraksi Reformasi Hamas dan memperoleh suara tertinggi di Palestina yaitu sebanyak. 75880 suara.

Menyusul Kafilah Para Syuhada

Seketika kabar tentang syahidnya Shiam menyebar ke seantero Gaza. Pemimpin senior Hamas Said Shiam telah mengikuti jejak para pendahulunya seperti Syaikh Ahmad Yasin, Rantisi, Ibrahim, Ismail Abu Shanaba, Jamal Mansur, Jamal Salim, Shalah Shahadah dan yang baru kemarin gugur, Syaikh Nazar Rayyan. Semua mujahid ini meninggal dengan cara yang sama, digempur rudal Israel.

Syaikh Shiam meninggal syahid, meninggalkan 15 orang anaknya bersama empat orang istrinya. (asy)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s