Bolaivia Putuskan Hubuangan Diplomatik dengan Israel

La Paz (Bolivia) – Infopalestina: Negara Bolaivia di Amerika Selatan memuskan hubungan diplomatik dengan Zionis Israel akibat agresi pihak terakhir yang berkelanjutan ke Jalur Gaza hingga menimbulkan seribu orang lebih gugur dan 5000 lainanya terluka.

Presiden Bolivia Ivo Morales dalam pidatonya di hadapan para diplomat di istana pemerintah mengatakan, “Saya ingin menyatakan bahwa Bolivia terikat hubungan diplomatic dengan Israel. Melihat kejahatan terhadap kehidupan dan kemanusiaan yang dilakaukan, maka Bolivia menyatakan pemutusan hubungan diplomatic dengan Israel.”

Morales menialai apa yang terjadi di Jalur Gaza adalah ancaman sungguha-sungguh pada perdamaian dunia.”

Dengan keputusan ini maka La Paz mengikuti jejak Carakas yang pada 6 Januari lalu menyatakan mengusir dubes Israel Shalomo Kohen bersama 6 stafnya dari negara Venezuela sebagai bentuk solidaritas kepada rakyat Palestina dan protesa atas agresi yang dilancarkan Israel ke Jalur Gaza.

Dalam kecamannya terhadap agresi Zionis Israel terhadap rakyat Palestina kala itu, Presiden Venezuela Hugo Chavez menegaskan bahwa apa yang terjadi adalah pemusnahan massal.

Chavez meminta agresi segera dihentikan. Dia juga meminta dunia agar segera bertindak untuk menciptakan perdamaian di Palestina dan dunia. (seto)


Hamas Puji Sikap Bolivia Memutus Hubungan dengan Israel

Gaza – Infopalestina: Gerakan Perlawanan Islam Hamas memuji sikap Bolivia yang memutuskan hubungan diplomatic dengan Zionis Israel, sebagai protes atas agresinya terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza sejak 3 pekan lalu itu.

Pejabat Hamas dalam pernyataan yang diterima koresponden Infopalestina mengatakan, “Setelah sikap terpuji yang diambil Venezuela yang memutus hubungan dengan Zionis Israel, kini Bolivia mengambil langkah yang sama. Menyatakan memutus hubungannya dengan Zionis Israel sebagai ekspresi nyata penolakan dan kecamannya atas agresi Zionis Israel ke Jalur Gaza.”

Sumber Hamas ini mengatakan, “Gerakan Hamas memuji sikap Bolivia. Sekaligus heran dengan kegigihan sebagian Negara Arab yang tetap melanjutkan hubungannya dengan Israel. Merkipun dengan segala pelanggaran biadab dan pembantaian yang dilakukan terhadap rakyat Palestina di Jalur Gaza.” (seto)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s