Hamas : Sikap Menlu Arab Memalukan Berlepas Diri Dari Tanggung Jawabnya

Gaza-Infopalestina : Gerakan perlawanan Hamas mengungkapkan kekekcewaanya atas lemahnya sikap dunia Arab dalam menghadapi pembantaian di Gaza. Pelimpahan masalah Gaza ke DK PBB, bukti mereka berlepas diri dari tanggung jawabnya.

Pernyataan ini diungkapkan, juru bicara Hamas, DR. Sami Abu Marzuq di Gaza hari ini (31/12). Ia menyatakan, dalam kata sambutan pembukaan pertemuan para menlu Arab ini sangat memalukan dan lemah sekali.

Pidato pada pembukaan pertemuan tersebut lebih lemah dari sejumlah pernyataan yang dikeluarkan Uni Eropa. Apalagi pelimpahan masalah Gaza kepada Dewan Keamanan PBB, makin membuktikan bahwa mereka berupaya lari dari tanggung jawabnya. Mereka membiarkan rakyat Palestina disembelih tentara Israel.

Abu Zuhri mengatakan, alasan Arab yang selalu mengaitkan kondisi Gaza dengan konflik internal Palestina, sangat tidak seimbang. “Disayangkan, apa yang diungkapkan dalam pidato negeri Arab tersebut menjukan ketidak konsitenan sikap Arab. Ia membela sebagian pihak Palestina dengan mengorbankan pihak lainya. Makanya pantas, bila Arab tidak berhasil mempertemukan Hamas dan Fatah dalam dialog internal Palestina”, ungkap Abu Zuhri.

Ia melanjutkan, kita tidak ingin Kairo berada dalam salah satu pihak. Harusnya Mesir menggayomi semua pihak. Biarkan faksi-faksi membahas segala sesuatunya dengan bebas, agar bisa sampai pada koalisi hakiki.

Hamas juga menyayangkan pidato tersebut yang sama sekali tidak menyinggung masalah blockade perlintasan Israel ataupun Mesir. (asy)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s