Bush di lempar sepatu

Hidayatullah.com–Lemparan itu terjadi saat Bush sedang berada di podium untuk menyampaikan Press Conference (Konferensi Pers). Kejadian menggelikan ini terjadi saat kunjungan terakhir itu, Bush mengadakan jumpa pers dengan para jurnalis. Saat itu, Bush didampingi PM Iraq Nuri al Maliki.

Kala itu, seorang wartawan bertanya, apakah dia (Bush) datang ke Iraq untuk merayakan kemenangan, Bush pun mengatakan “Tidak, saya mempertimbangkan itu sebagai satu langkah penting menuju Iraq yang mendukung dirinya sendiri, memerintah dirinya sendiri dan mempertahankan dirinya sendiri,” ujarnya dikutip Reuters, Senin (15/12, kala itu Bush

Rupanya sang jurnalis emosi ketika Bush malah mengatakan ‘perang belum usai’.

“Ada beberapa tugas yang harus dilakukan. Perang belum usai,” imbuh Bush.

Tak kuasa menunjukkan kemarahannya atas penjelasan Bush tentang kebijakan Perang Iraq yang tidak disebutkan namanya itu langsung berteriak dalam bahasa Arab sambil melempar sepatu.

“Ini ciuman perpisahan dari warga Iraq, anjing,” teriak sang jurnalis sambil melempar sepatu.

Secara cekatan, Bush berhasil menghindar. Dia menunduk spontan sehingga lemparan sepatu hanya melayang di atas kepalanya dan menghantam tembok.

Tak puas karena tak kena, jurnalis itu pun melempar satu sepatunya lagi. Kali ini, PM Nuri al Maliki membantu menangkis dengan lengannya.

“Seperti berlomba dalam politik ketika orang berteriak padamu. Itu adalah cara orang menunjukkan perhatiannya,” ucap Bush seusai insiden itu.

“Saya tidak tahu, apa yang menyebabkan orang itu bisa seperti itu. Saya tak merasa terancam sedikit pun,” tegas Bush.

Kabarnya, melempar sepatu merupakan bentuk kemarahan paling tinggi orang-orang di Timur Tengah. Acara jumpa pers akhirnya berakhir dengan kekacauan. Dan sang jurnalis itu akhirnya digelandang Paspamres Iraq dan AS.

Sebagaimana diketahui, sebelum lengser, George W. Bush, mengadakan kunjungan mendadak ke Iraq dan berbicara dengan Presiden Iraq, Jalal Talabani, dan selanjutnya menandatangani pakta perdamaian dengan Perdana Menteri Iraq, Nuri al-Maliki.

Selain itu, Bush juga direncanakan akan mengadakan perpisahan dengan satuan tentara Amerika di Iraq. Lawatan Bush ini adalah keempat kali setelah invasi Amerika di Iraq pada tahun 2003. Tapi perpisahan kepemimpinannya yang diharapkan membuahkan keindahan itu berbuah lemparan. [cha, berbagai sumber/www.hidayatullah.com]

Hidayatullah.com–Ribuan warga Irak turun ke jalan untuk menuntut seorang dibebaskanya reporter yang melempar Presiden Bush dengan sepatu.

Sebelumnya, pejabat saluran televisi Iraq, Al-Baghdadiya juga menyerukan agar wartawan bernama Muntadar al-Zaidi tersebut.

Muntadar melemparkan sepatunya ke arah Presiden George W Bush dalam konferensi pers di Baghdad kemarin.

Massa berkumpul di distrik Sadr City, Baghdad, mengelu-elu, Muntadar al-Zaidi” pahlawan dibebaskan dari penahanan.

Pejabat Iraq menggambarkan insiden itu “mempermalukan”.

Pernyataan yang rilis oleh pemerintah Iraq mengatakan, aksi Zaidi, yang juga memaki Presiden Bush, “mengancam reputasi wartawan Iraq dan jurnalisme Iraq pada umumnya.

Manajemen stasiun televisi Baghdadiya ini mengatakan, Al-Zaidi harus dibebaskan karena dia melaksanakan kebebasan berpendapat, sesuatu yang dijanjikan Amerika kepada rakyat Iraq ketika menggulingkan Saddam Hussein.

Lemparan sepatu hampir saja mengenai presiden Bush dan al-Zaidi yang langsung diringkus oleh penjaga keamanan, sekarang ditahan untuk ditanyai.

Memuji tindakan

Saudara laki laki pelaku pelemparan, Uday, memuji tindakan yang ingin dilakukan orang orang lain.

“Jutaan warga Iraq dan jutaan orang lain di dunia ingin melakukan apa yang Muntazar kerjakan atau aksi yang sama dengan itu,” kata Uday.

“Alhamdulilah dia memiliki keberanian untuk melakukannya, dan membalas dendam orang Irak terhadap pihak yang merusak dan menduduki negaranya serta membunuh penduduknya,” katanya.

“Lebih dari lima juta orang menjadi yatim piatu karena Bush dan para pembantunya. Kami mengatakan Alhamdulilah karena Muntazar membuat kami bangga,” tambah Udaya.

Sementara itu, saudara laki laki lain, Durgham mengatakan Muntazar hanya menyampaikan pesan warga Iraq kepada pendudukan Amerika yang diwakilkan presiden Bush.

Menurut Durgham, Muntadar tidak bermaksud mengejek al Maliki atau pemerintah Iraq.

“Dalam hatinya, Muntazar memiliki pesan yang ingin disampaikan seluruh warga Iraq kepada kekuatan pendudukan, lewat presiden Bush,” katanya. [bbc/www.hidayatullah.com]

Hidayatullah.com–Berita berbagi macam reaksi rakyat timur tengah, pasca pelemparan sepatu seorang wartawan TV Iraq kepada Presiden Amerika Serikat (AS), George W Bush menghiasi berbagai kabar di media massa Timur Tengah. Rata-rata para penduduk Arab “bangga” mendengar berita itu.

Al Mafkarah Al Islam (15/12) melansir bahwa di Timur Tengah beredar berbagai macam SMS. Diantaranya: “Berita Hangat: Amerika Melarang Wartawan Pakai Sepatu, Ketika Konferensi Pers”. Ada pula SMS yang berbunyi, “Iklan Toko Sepatu: Sepatu Kami Asli, yang Pernah Dilemparkan kepada Bush”. Ada pula SMS yang beredar isinya, “FBI dan CIA Akan Hancurkan Seluruh Toko Sepatu Timteng, Sebelum Kunjungan Presiden Mereka!”

Lain pula yang dilakukan oleh para wartawan Palestina, setelah mereka mendengar kabar “sepatu terbang” mereka membagi-bagikan buah-buahan, guna merayakan “kajadian penting” tersebut.
Adapula seorang laki-laki Saudi yang menawar sepatu itu, dengan nilai 1 juta dolar. Laki laki yang bernama Hasan Muhammad itu, menyatakan kepada Al Alarabiya, bahwa ia menilai bahwa itu sepatu, akan tetapi cinderamata simbol kebebasan. Bahkan warga kampungnya berani ikut serta membantu jika harganya lebih dari 1 juta dollar.

Tidak hanya itu, Haiah Ulama Al Muslimin di Iraq juga ikut berbicara. Lewat keterangan pers yang dipublikasikan, Haiah mengatakan bahwa rakyat Iraq masih mendukung perlawanan. Pihaknya juga mengatakan bahwa apa yang dilakukan wartawan TV Iraq Muntadhar Zubaidi, tidak disebabkan oleh orientasi politik, akan tetapi apa yang telah dilakukannya merupakan murni atas dorongan fitrah. [tho/arb/almf/www.hidayatullah.com]

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s