PM Haniyah Lepas Kepulangan Aktivis Internasional dan Beri Passport

Gaza – Infopalestina: PM Palestina Ismail Haniyah memberikan kehormatan kepada para aktivis solidaritas internasional “kapal pembebasan blokade”, sesaat sebelum keberangkatan sebagian dari mereka meninggalkan Jalur Gaza. Haniyah memberi mereka identitas kebangsaan dan passport Palestina. Dia menegaskan bahwa para aktivis solidaritas internasional ini akan menjadi duta bagi bangsa Palestina di negara-negara mereka tinggal.

Haniyah memuji sikap berani yang dilakukan para aktivis solidaritas tersebut. Mereka merupakan tanda pembeda dalam menghadapi dan menghancurkan blokade yang diberlakukan terhadap Jalur Gaza dan mata dunia akan lebih banyak tertuju kepada penderitaan yang dialami bangsa Palestina. Demikian dinyatakan Haniyah dalam upacaya pelepasan para aktivis solidaritas internasional di Gaza, Kamis (28/08).

Upacara pelepasan ini dihadiri oleh mayoritas aktivis solidaritas internasional yang jumlahnya 44 aktivis yang berangkat dari Cyprus. Turut hadir pula adalah para tokoh nasional dan pemerintah, di antaranya para elit gerakan Hamas seperti Mahmud Zehar, Baseem Naim Taufiq Jabr dan para aktivis perdamaian asing.

Haniyah mengatakan, “Para aktivis solidaritas ‘kapal pembebas blokade’ diberi kebangsaan Palestina dan dianggap sebagian orang Palestina di negara manapun mereka berada dengan membawa passport Palestina yang diberikan kepada mereka.” Haniyah menambahkan, “Kedatangan mereka di Jalur Gaza adalah untuk membantu rakyat Palestina dalam berjuang menghadapi penjajah.”

Dia menambahkan, “Petualangan yang dilakukan para aktivis ‘kapal pembebasan blokade’ ini merupakan solidaritas kemanusiaan internasional bagi rakyat Palestina.” Dia menegaskan bahwa keberhasilan dua kapal yang membawa para aktivis internasional ke Jalur Gaza dan merealisasikan tujuan-tujuan mereka merupakan kemenangan kehendak kemanusiaan dan HAM.

Haniyah mengajak para aktivis solidaritas untuk melanjukan misi kemanusiaan mereka serta menekan pemerintah dan masyarakatnya untuk membebaskan blokade atas Jalur Gaza. Haniyah menegaskan bahwa rakyat Palestina akan manaruh harapan besar pada mereka untuk menjadi mediator dengan bangsa-bangsa dan pemerintah-pmerintah dunia untuk memberikan solidritasnya kepada bangsa Palestina dan mengakhiri penjajahan. (seto)

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s